Senin, 07 Oktober 2013

0 Jawaban LP Peta Kerja


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Jawaban tugas pendahuluan peta kerja

1. Apa yang saudara ketahui tentang system kerja?
Jawab:
Sistem kerja adalah suatu tata kerja atau prosedur yang membentuk kelompok tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

2. Apa perbedaan antara kerja, system kerja, dan hasil kerja?
Jawab:
 Sistem kerja masih dalam taraf perencanaan untuk melakukan suatu pekerjaan.
 Sedangkan kerja sedang melakukan pekerjaan sesuai system kerja yang telah direncanakan.
 Dan hasil kerja merupakan objek yang berwujud maupun tak berwujud dari hasil kerja yang telah dilakukan serta system kerja yang direncanakan.

3. Apa yang anda ketahui tentang perancangan system kerja?
Jawab:
Perancangan system kerja merupakan suatu aktifitas untuk merencanakan sebuah tata kerja atau prosedur untu k menghasilkan sebuah rencana kerja yang baik, sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.
Atau
Perancangan sistem kerja adalah suatu ilmu yang terdiri dari teknik-teknik dan prinsip-prinsip untuk mendapatkan rancangan (desain) terbaik dari sistem kerja. Teknik-teknik dan prinsip-prinsip ini digunakan untuk mengatur komponen sistem kerja yang terdiri manusia, mesin, alat, bahan dan lingkungan kerja sedemikian rupa sehingga dicapai tingkat efisiensi dan produktifitas yang tinggi yang diukur dengan tenaga yang dihabiskan, tenaga yang dipakai serta akibat-akibat psikologis dan sosiologis yang ditimbulkannya.

4. Apa maksud perancangan system kerja harus menghasilkan system kerja yang ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien)!
Jawab:
Suatu pekerjaan akan terlaksana dengan baik apabila pekerjaan itu dilaksanakan dengan ENASE sehingga untuk menghasilkan sebuah pekerjaan dengan optimal maka diperlukan sebuah perancangan system kerja yang bersifat ENASE. Selain itu juga perancangan kerja yang ENASE bisa membuat pekerjaan yang sukar menjadi sebuah pekerjaan yang mudah dilaksanakan karena telah memiliki sebuah perencanaan yang baik.
Atau
Maksud dari perancangan sistem kerja yang ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien) adalah diharapkan sistem kerja yang dirancang efektif yakni mampu menghasilkan output sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, nyaman, aman, dan sehat bagi pekerja dan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan tempat kerja itu berlangsung, serta efisien dalam arti bahwa biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu kecil nilainya dibanding dengan output yang dihasilkan.
5. Apa yang saudara ketahui tentang peta kerja dan kegunaan peta kerja secara umum!
Jawab:
 Peta kerja merupakan sautu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara singkat
dan merupakan salah satu alat yang sistematis dan jelas untuk berkomunikasi secara luas dan sekaligus melalui peta kerja ini kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan untuk melakukan suatu proses pekerjaan mulai dari pengolahan bahan baku sampai dengan menjadi baranng jadi.
 Kegunaan peta kerja yaitu untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam setiap pekerjaan. Peta kerja juga digunakan untuk melihat langkah-langkah atau kejadain yang dialami suatu benda kerja mulai dari masuk lantai produksi (berbentuk bahan baku) sampai akhirnya masuk gudang (berbentuk produk jadi).

6. Jelaskan secara singkat cirri-ciri khusus peta-peta kerja berikukt ini.
a. Peta proses operasi.
b. Peta aliran proses.
c. Peta proses regu kerja.
d. Diagram aliran.
e. Peta tangan kiri dan kanan.
Jawab:
a. Peta proses operasi (OPC) yaitu diagram yang mennggambarkan langkah-langkah proses yang akan dialami bahan baku, khususnya proses operasi dan pemeriksanya.
b. Peta aliaran proses (FPC) yaitu diagram yang menunjukkan urutan-urutan proses operasi, pemeriksaaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses atau prosedur berlangsung.
c. Peta proses regu kerja (GPC) yaitu kumpulan dari beberapa peta aliran proses dimana peta aliran proses tersebut menunjukkan satu seri kerja dari seorang operator.
d. Dialgram aliran (FD) yaitu diagram yang menggambarkan susunan lantai dan gedung yang menunjukkan lokasi dari semua aktivitas yabg terjadi dalam peta aliran proses.
e. Peta tangan kiri dan Tangan kanan yaitu peta yang menggambarkan gerakan-gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan oleh tangan kiri dan tangan kanan ketika melakukan pekerjaan.

7. Apa perbedaan antara peta proses operasi dengan peta aliran proses?
Jawab:
a. Peta proses operasi menggunakan diagram sedangkan peta aliran proses menggunakan tabel.
b. Peta aliran proses digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah proses yang akan dialami bahan baku, khususnya proses operasi dan pemeriksaannya sedangkan Peta aliran proses digunakan untuk menunjukkan urutan-urutan proses operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses atau prosedur berlangsung.
Atau
a) Peta proses operasi :
(1) Memperlihatkan semua aktivitas dasar, termasuk transportasi, menunggu dan penyimpanan.
(2) Tidak bisa digunakan untuk menggambarkan proses perakitan secara keseluruhan.
(3) Hanya menggambarkan dan digunakan untuk menganalisis salah satu komponen dari produk yang dirakit.
b) Peta aliran proses :
(1) Terbatas pada operasi, pemeriksaan dan penyimpanan.
(2) Menggambarkan proses perakitan (dibuat seperti aliran kerja / diagram alir).
(3) Menganalisis semua komponen dari produk yang akan dirakit (dalam bentuk aliran / diagram alir)
8. Apa persamaan antara peta proses regu kerja dengan peta aliran proses?
Jawab:
Sama-sam berfungsi untuk menunjukkan urutan-urutan proses operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses atau prosedur berlangsung.

9. Apa perbedaan dan persamaan antar peta pekerja dan mesin dengan peta tangan kanan dan tangan kiri?
Jawab:
a. Perbedaan
Pekerja dan mesin menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu menganggur dari kombinasi antara pekerja dan mesin. Sedangkan Peta tangan kiri dan kanan menggambarkan gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukakan oleh tangan kiri dna tangan kanan.
b. Persamaan
Peta pekerja dan mesin dan peta tangan kiri dan tangan kanan sama-sama berfungsi untuk menghitung waktu menganggur dari kombinasi anatar keduanya. Sehingga bisa diketahui
mana yang paling banyak bekerja dan paling banyak menganggurnya. Kemudian digunakan untuk memperbaiki perancangan system kerja dari kombinasi tersebut

10. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat assembly cahat?
bagan perakitan adalah check list barang untuk diletakkan bersama-sama dan digunakan oleh orang-orang pengendalian mutu, sedangkan bagan proses operasi diperlukan pada setiap tahap produksi untuk memastikan bahwa semua elemen siap untuk perakitan dan dalam kondisi yang tepat

0 komentar:

Posting Komentar