Selasa, 30 September 2014

0 Filsafat dan Ilmu Pengetahuan


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Filsafat dan Ilmu Pengetahuan
A.        Pengertian Filsafat
Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.


B.        Pengertian filsafat menurut para tokoh di dunia :
  1. Pengertian filsafat menurut  Harun Nasution filsafat adalah berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tak terikat tradisi, dogma atau agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalan 
  2. Menurut Plato ( 427-347 SM) filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada 
  3. Al Farabi (wafat 950 M) filsuf muslim terbesar sebelum Ibn Sina menyatakan filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam yang maujud dan bertujuan  menyelidiki hakekatnya yang sebenarnya. 
C.        Ciri-ciri berfikir filosfi :
  1. Berfikir dengan menggunakan disiplin berpikir yang tinggi.
  2. Berfikir secara sistematis.
  3. Menyusun suatu skema konsepsi, dan
  4. Menyeluruh.
D.        Tiga persoalan yang ingin dipecahkan oleh filsafat ialah :
  1. Apakah sebenarnya hakikat hidup itu? Pertanyaan ini dipelajari oleh Metafisika
  2. Apakah yang dapat saya ketahui? Permasalahan ini dikupas oleh Epistemologi.
  3. Apakah manusia itu? Masalah ini dibahas olen Atropologi Filsafat.
E.        Beberapa ajaran filsafat yang  telah mengisi dan tersimpan dalam khasanah ilmu adalah:
  1. Materialisme, yang berpendapat bahwa kenyatan yang sebenarnya adalah alam semesta badaniah. Aliran ini tidak mengakui adanya kenyataan spiritual. Aliran materialisme memiliki dua variasi yaitu materialisme dialektik dan materialisme humanistis.
  2. Idealisme yang berpendapat bahwa hakikat kenyataan dunia adalah ide yang sifatnya rohani atau intelegesi. Variasi aliran ini adalah idealisme subjektif dan idealisme objektif.
  3. Realisme. Aliran ini berpendapat bahwa dunia batin/rohani dan dunia materi murupakan hakitat yang asli dan abadi.
  4. Pragmatisme merupakan aliran paham dalam filsafat yang tidak bersikap mutlak (absolut) tidak doktriner tetapi relatif tergantung kepada kemampuan minusia.
F.         Manfaat filsafat dalam kehidupan adalah sebagai berikut ini :
  1. Sebagai dasar dalam bertindak.
  2. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan.
  3. Untuk mengurangi salah paham dan konflik.
  4. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah.
G.        Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan merupakan segala kegiatan manusia yang dilakukan secara sadar dalam upaya mencari tahu segala segi kehidupan dan alam sehingga diperoleh kepastian. Ilmu pengetahuan merangkum semua hal yang ada dalam kehidupan berdasarkan teori-teori yang telah disepakati serta teruji.
Ilmu pengetahuan berusaha mencari jawaban dari penyebab dan mengapa itu bisa terjadi. Dalam pengelompokkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga boleh dianggap bagian dari ilmu pengetahuan, yakni objektif, metodis, sistematis dan universal. Sains atau ilmu pengetahuan didukung beragam model, hipotesis, teori, dan hokum. Masing-masing saling mendukung satu sama lain sehingga mampu menyampaikan jawaban yang dicari oleh manusia. Banyak tokoh-tokoh penting dalam dunia ilmu pengetahuan, mereka berperan penting meningkatkan kehidupan sehingga jauh lebih baik dan modern.

H.        Perbedaan Antara Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan
      Perbedaan filsafat dengan ilmu pengetahuan terletak jelas dari pengertian awal. Filsafat diperlukan manusia sebagai panduan dalam menjalani kehidupan, sedangkan ilmu pengetahuan diperlukan untuk menjawab segala bentuk pertanyaan. Filsafat membentuk karakteristik seorang individu atau kelompok dan ilmu pengetahuan bertindak sebagai penunjang.


Sumber : 


             


 ^__________^



0 komentar:

Posting Komentar