Senin, 23 Maret 2015

1 Studi Kasus Tentang Lingkungan


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!
Studi Kasus Lingkungan
Dari Tambang ke 'Hutan Pendidikan'

Pada tahun 2011 kami mulai merehabilitasi lahan bekas tambang Cibadak menjadi Hutan Pendidikan; lahan diubah menjadi hutan lindung yang keberadaannya dapat dimanfaatkan warga sekitar, wisatawan, dan akademisi serta siswa sekolah.
Proyek rehabilitasi diserahkan pelaksanaannya kepada tim yang anggotanya diangkat dari beberapa departemen dan dipimpin Human Wicaksono, Rehabilitation Project Manager Tambang Cibadak. Pekerjaan difokuskan pada lahan seluas 76 hektar, antara lain memecah batu besar, meratakan tanah dan menanami tanaman penutup untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus menahan erosi.
Dalam beberapa kali rapat dengan tokoh masyarakat disepakati bahwa lahan akan ditanami kembali dengan pohon kayu bakar, pohon kayu dan pohon karet yang nantinya dapat menjadi sumber penghasilan warga. Tim Community Relations Narogong pun mulai membangun prasarana penyediaan air bersih untuk kebutuhan kawasan perumahan yang airnya diambil dari sumur air tanah di tambang dan dialirkan melalui pipa.
Selain itu tim pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dimintai bantuan untuk menjajaki kemungkinan menjadikan Cibadak "Hutan Pendidikan Holcim".
"Sebelumnya IPB membantu kami menyusun rencana penutupan tambang, dan setahu kami mereka berhasil mengembangkan Hutan Pendidikan Gunung Walat dekat sini yang dikelola masyarakat," jelas Widya Paramita (Mita), Corporate Environment Officer.
Direksi Holcim setuju mendanai proyek tersebut pada tahun 2011, dan penandatanganan nota kesepahaman dilakukan tim bersama IPB pada bulan Desember. "Ini pekerjaan besar," kata Mita. "Di lahan bekas tambang ini nanti akan berdiri hutan pendidikan pertama di Indonesia."

http://www.holcim.co.id/id/pembangunan-berkelanjutan/studi-kasus/studi-kasus-lingkungan.html

Analisis Studi Kasus
Dari penjelasan diatas diketahui bahwa akan dilakukan rehabilitas hutan, yang sebelumnyamerupakan tambang kemudian akan dihubah menjadi hutan yang hijau lagi, mulain dari ditanaminya lagi pohon kayu bakar, pohon kayu dan pohon karet yang nantinya dapat menjadi sumber penghasilan warga, dari permasalahan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa apa yang dilakukan departemen dan dipimpin Human Wicaksono, Rehabilitation Project Manager Tambang Cibadak, merupakan kegiatan dan tindakan yang sangat bagus dan bak, karena sebagai usaha untuk para warga, hal ini juga akan berdampak baik pada lingkungan hidup hutan dan juga bumi ini.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Studi Kasus Tentang Lingkungan >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Studi Kasus Tentang Lingkungan >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Studi Kasus Tentang Lingkungan >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar